Link Building: Apa Dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Link Building: Apa Dan Bagaimana Cara Melakukannya? Simak Penjelasan Singkatnya Berikut Ini!

SEO sebagai salah satu strategi digital marketing mulai dikenal serta digunakan oleh para pemilik website khususnya para pebisnis online. Ada banyak sekali teknik SEO yang bisa digunakan saat yang salah satunya yaitu Link Building.

Link Building merupakan teknik SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari situs lain. Semakin banyak link webiste lain yang mengarah ke website anda maka mesin pencari akan memberikan penilaian bagus terhadap website yang anda bangun. Untuk lebih jelasnnya, simak berikut sekilas tentang Link Building, jenis dan cara melakukannya.

Sekilas Tentang Link Building

Seperti telah disebutkan diatas bahwa Link Building merupakan praktik SEO untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website yang anda bangun. Terdapat beberapa alasan mengapa website perlu mendapatkan tautan balik atau backlink, bisa jadi karena anda merupakan partner bisnis dari website tersebut atau karena website anda berisi artikel-artikel yan g bermanfaat.

Link Building dikenal juga dengan istilah “Backlink”. Sebagai pemilik website, perlu anda ingat bahwa mesin pencari Google akan menilai backlink dari kualitasnya bukan kuantitas. Backlink yang berkualitas yaitu backlink yang berasal dari website yang relevan, kredibel serta memiliki trafik stabil. Link Building yang berkualitas walaupun jumlahnya hanya saja, bisa mengalahkan 100 Link Building yang tidak berkualitas.

Jenis-Jenis Link Building

Link Building terdiri dari beberapa jenis yang bisa menghasilkan backlink yang berkuaitas. Berikut beberapa jenisnya:

1. Link Building Natural

Link Building Natural merupakan link building terbaik yang bisa anda dapatkan. Banyak sekali orang yang menaruh link website anda di website milik anda pribadi juga. Link building bisa terjadi jika:

  • Orang lain memasukkan link dari konten anda sebagai sumber informasi terpercaya.
  • Orang lain menjadikan website anda sebagai sumber tambahan bagi konten mereka “Mengutip salah satu dari konten yang ada di website anda”.
  • Melakukan interview dengan orang yang berkaitan dengan website anda.
  • Memasukkan website anda sebagai pembuat infografis ataupun statistik.

Untuk mendapatkan link building jenis ini anda harus membuat konten yang berkualitas tinggi, terupdate, memberikan manfaat, menarik dan lengkap.

2. Link Building Outreach

Selanjutnya ada Link Building Outreach yang merupakan link building yang dilakukan dengan cara menghubungi pemilik website serta meminta mereka untuk memasang link website anda. Jenis yang satu ini paling sering di praktikkan apalagi jika untuk website baru serta belum memiliki popularitas baik. Umumnya Link Building Outreach terjadi jika:

  • Anda bisa menjadi sponsor bagi suatu website sehingga website anda disinggung dalam kontennya sebagai salah donatur atau sponsor suatu event.
  • Press realease menyangkut suatu berita terbaru yang berkaitan dengan website atau brand anda.
  • Menjadi guest blogging dimana anda bisa menulis artikel untuk diterbitkan di website orang lain lalu bisa memasukkan link menunju website anda.

3. Wrong Link Building

Wrong Link Building merupakan Link Building yang perlu anda hindari. Beberapa backlink yang termasuk dalam jenis ini yaitu:

  • Backlink berbayar karena mesin pencari melarang keras praktik jual beli backlink.
  • Spam pada kolom komentar orang lain dengan memasukkan link website milik sendiri.
  • Spam pada forum online dengan sengaja membuat sebuah topik yang berisi banyak backlink ke website sendiri.

Lalu, Bagaimana Cara Melakukan Link Building?

Terdapat lima cara melakukan Link Building yang dapat diimplementasikan di semua jenis website yang anda bangun. Berikut caranya:

1. Buatlah Konten Yang Berkualitas

Untuk memperoleh backlink berkualitas, anda perlu membuat konten yang berkualitas tinggi serta memberikan manfaat untuk orang lain. Terdapat beberapa jenis konten yang biasanya mendapatkan banyak backlink yaitu seperti infografis, panduan, statistik, video, lembar putih dan galeri gambar.

Dalam membuat konten berkualitas terdapat beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan yaitu tentukan topik, gunakan keyword yang tepat, membuat judul konten menarik, ciptakan engaging content dan masukkan link terkait. Setelah anda membuat konten maka anda bisa langsung menghubungi website yang relevan dengan website anda.

2. Guest Blogging

Guest Blogging merupakan Link Building yang dilakukan dengan cara menjadi guest atau tamu di website lain dengan menuliskan artikel untuk diterbitkan di website lain. Anda bisa menyisipkan link menuju ke website anda sendiri. Pastikan Guest Blogging yang anda miliki berkualitas dan tidak spamming.

3. Share Konten Di Forum Online

Untuk memperoleh backlink, anda bisa share konten yang bisa anda buat pada salah satu forum online. Saat bergabung dalam sebuah forum online, anda akan menemukan banyak orang sebagai anggota forum, apalagi jika anda bisa bergabung dengan forum besar.

4. Broken Link Building

Broken Link Building merupakan link rusak yang tidak bisa diakses oleh para pengunjung maupun mesin pencari. Link Building broken menjadi salah satu strategi yang bertujuan untuk membantu pemilik website memperbaiki broken link. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memberikan link ke website anda.

5. Link Reclamation

Link reclamation merupakan salah satu strategi backlink yang bertujuan untuk mengklaim link yang seharusnya menjadi hak anda. Strategi Link Building dibedakan menjadi beberapa macam yaitu link 404, mention tanpa link, gambar tanpa link sumber.

Nah itulah sekilas tentang Link Building, jenis dan cara melakukannya. Saat melakukan Link Building terdapat beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan yaitu pastikan konten terlihat alami dan natural, berasal dari website yang berkualitas, berasal dari website dengan topik yang serupa. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar