Kelebihan Dan Kekurangan Backlink PBN “Private Blog Network”

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Backlink PBN “Private Blog Network” Yang Sebaiknya Diketahui!

Jika anda tertarik dengan dunia SEO, mungkin anda sudah mengetahui PBN atau Private Blog Network. Ya, PBN adalah salah satu teknik yang digunakan oleh para pemilik website untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari Google. PBN dianggap penting dan bisa menghasilkan backlink yang bisa memberikan dampak positif untuk website anda.

Walaupun demikian, penggunaannya masih menimbulkan pro dan kontra. Hal tersebut terjadi karena PBN rawan terkena penalty dari Google. Ketika Google memberikan penalty maka website anda akan memperoleh dampak buruk misalnya seperti kehilangan peringkat, kehilangan traffic dan lainnya. Lalu apa sebenarnya backlink PBN? Simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Tentang Backlink PBN “Private Blog Network”

PBN atau Private Blog Network merupakan website yang digunakan untuk membangun sebuah link sehingga bisa memberikan otoritas ke situs website lain. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencari Google. Pada dasarnya PBN merupakan website atau blog biasa. Hanya saja isi website tersebut bertujuan untuk membangun atau memperoleh backlink yang berkualitas. Backlink sendiri merupakan link dari website eksternal yang mengarah pada suatu website.

Saat website memperpoleh banyak backlink maka mesin pencari akan menilai bahwa website tersebut memiliki kualitas yang bagus dan dipercaya oleh banyak user. Hal tersebut membuat Google akan memberikan peringkat yang baik untuk website yang ada halaman mesin pencari.

Umumnya, PBN dibangun dari situs berkualitas dengan domain yang telah expired. Biasanya domain tersebut sengaja tidak diperpanjang oleh para pemilik website atau bisa jadi karena pemilik website tersebut lupa memperpanjang masa aktifnya. Nah, para pemilik website lain memanfaatkan domain tersebut untuk membangun sebuah situs PBN.

Teknik yang satu ini telah digunakan selama bertahun-tahun hanya saja penggunaannya memiliki resiko yang cukup tinggi. Teknik satu ini dianggap sebagai Grey Hat Method dalam SEO. Apabila terlalu berlebihan dalam link building dan tidak memenuhi pedoman dari Google maka pihak Google akan menganggapnya sebagai tidak memanupulasi. Alhasil, website akan kehilangan traffic organik serta hilang dari mesin pencaru.

Kelebihan Penggunaan Backlink PBN

Seperti yang telah kita ketahui bahwa algoritma Google masing menggunakan link sebagai sinyal dalam menentukan peringkat website di halaman mesin pencari. Backlink akan membantu memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa website yang ditautkan cukup terpercaya.

Backlink berkualitas bisa didapat dengan berbagai cara misalnya seperti guest blogging, link insertions, membuat konten berkualitas, berkerjasama dengan para influence dan lainnya. Namun cara yang satu ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dengan backlink PBN, pemilik website memiliki otoritas untuk mengarahkan link website yang dituju dan bagaimana link tersebut akan ditampilkan apakah dalam bentuk anchor text atau lainnya. Dengan menggunakan cari ini pemilik website memiliki kontrol dalam link building baik sehingga akan membawa dampak positid untuk website lain yang ditautkan didalamnya. Bebrapa kelebihan penggunaan backlink PBN yaitu:

  • Memperoleh link juice berkualitas.
  • Meningkatkan peringkat website.
  • Meningkatkan jumlah web traffic.

Kekurangan Penggunaan Backlink PBN

Penggunaan backlink PBN pada dasarnya memang terlihat bagus, namun tetap saja hal ini akan membawa resiko pada website anda. Jika mesin pencari Google mengetahui anda melakukan manipulasi link building maka website milik anda akan terkena penalty. Hal tersebut tentu akan membawa dampak buruk untuk website anda seperti turunnya peringkat wesbite hingga kehilangan traffic pencarian organik.

Umumnya Google akan mencurigi sebuah website apabila memiliki sedikit aktivitas didalamnya seperti jarang melakukan pembaruan dan tidak memiliki internal link didalamnya. Google memiliki tim khusu yang akan meninjau dan memantau situs website yang diperoleh secara manual.

Dengan begitu jika anda ingin situs PBN tidak dicurigai oleh Google maka anda harus tetap merawat situs anda dengan baik. Jika anda gagal maka tinjauan manual tersebut, maka website anda akan terkena hukuman. Selain itu, kekurangan dari penggunaan backlink PBN yaitu proses pembuatannya cukup rumit dan biaya yang dibutuhkan cukup tinggi.

Nah itulah sekilas tentang apa itu backlink PBN, kelebihan dan kekurangannya. Setelah anda mengetahui hal-hal terkait backlink PBN diatas tentu bisa memudahkan anda apakah akan menggunakan teknik SEO ini atau memilih teknik SEO lain. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar